Pages

Sabtu, 22 Juni 2013

RPP kelas XI semester Gasal Kesetimbangan Kimia






RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJARAN
(RPP)

SMA/MA
:
................................
Mata Pelajaran
:
KIMIA
Kelas/Semester
:
XI / 1 ( Gasal)
Alokasi Waktu
:
2 Jam pelajaran (1 x pertemuan)/2x45  
menit
Karakter
:
Teliti, cermat, peka dan jujur

A.    Standar Kompetensi
3. Memahami kesetimbangn kimia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
B.   Kompetensi Dasar
3.1  Menjelaskan keseimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah keseimbangan dengan melakukan percobaan
3.2 Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi keseimbangan
3.3 menjelaskan penerapan prinsip keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari dan industri
C.   Indikator
       1. Siswa mampu menjelaskan kesetimbangan dinamis 
       2. Siswa mampu menjelaskan tetapan kesetimbangan
       3. Siswa mampu meramalkan arah pergeseran kesetimbanagn dengan menggunakan azas le chatelier
 4. Siswa mampu menganalisis pengaruh perubahan suhu, konsentrasi, tekanan, volume, pada pergeseran kesetimbangan melalui percobaan
5. Siswa mampu menafsirkan data percobaan mengenai konsentrasi pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang untuk menentukan derajat disosiasi dan tetapan kesetimbangan.
6. Siswa mampu enghitung dan menentukan harga Kc dan  Kp
7. Siswa mampu menjelaskan kondisi optimum untuk memproduksi bahan kimia di industri yang didasarkan pada reaksi kesetimbangan melalui diskusi
D.    Tujuan   Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran standar komptensi ini, siswa diharapkan
  1. Mendefinisikan kesetimbangan dan tetapan kesetimbangan
  2. Merancang dan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran kesetimbangan
  3. Menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran kesetimbangan
  4. Menghitung harga Kc, Kp, dan derajat disosiasi
  5. Mengkaji kondisi optimum untuk memproduksi bahan kimia di industri yang berdasarkan pada reaksi kesetimbangan
     E. Materi Pembelajaran
1.      Kesetimbangan dinamis dan tetapan kesetimbangan
2.      Faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan
3.      Hubungan kuantitatif pereaksi dan hasil reaksi
4.      Reaksi kesetimbangan di industri kimia
F.     Metode  Pembelajaran
1.      Diskusi                                                                  
2.      Tanya jawab
3.      Praktikum
G.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama

No
Kegiatan Pembelajaran
Metode/strategi
Waktu
Guru/siswa
Domain
karakter
1
Pendahuluan
a.Berdoa
b.Mengecek /kehadiran siswa
c.Guru menginformasikan KD, indicator dan tujuan pembelajaran.
ceramah
5 menit
Guru

Kognitif
Afektif

Kognitif

Ketakwaan
Kedisiplinan, kepedulian
Tanggung jawab
2
Kegiatan Inti
a.Penjelasan /materi
b.Pemberian contoh Soal
c.Pemberian tugas

d.Presentasi dari tugas tersebut
e.Guru memberikan penguatan tentang materi tersebut

Ceramah
Tanya jawab

Penugasan

Diskusi dan Tanya jawab

Ceramah



30 menit
10 menit

15 menit

15 menit

10 menit

Guru
Guru

Guru dan siswa
Guru dan siswa
Guru


Psikomotor
Psiko/ kognitif
Psiko/ Afektif
Psiko/ Afektif
Kognitif

Cermat
Keaktivan

Tanggung jawab
Keaktivan

Cermat dan Tanggung jawab
3
Penutup dan simpulan materi
Ceramah
5 menit
Guru
Psiko/ Afektif
Tanggung jawab

Pertemuan Kedua
No
Kegiatan Pembelajaran
Metode/ Strategi
Waktu
Guru / Siswa
Domain
Karakter
1
Pendahuluan
a.Berdoa
b.Mengecek /kehadiran siswa


Ceramah

5 menit

Guru

Kognitif
Afektif



Ketakwaan
Kedisiplinan, kepedulian

2
Kegiatan Inti
a.Pretest

b.Praktikum



c.Asistensi

Tanya jawab

Pembimbingan



Tanya jawab dan Penguasaan praktikum

15 menit

45 menit



10 menit

Guru dan Siswa
Siswa



Guru dan Siswa

Kognitif

Psiko/ Afektif


Psiko/ kognitif

Cermat, jujur, teliti
Teliti, tanggung jawab, kerjasama
3
Penutup dan Simpulan
Ceramah
15 menit
Guru
Kognitif
Tanggung jawab

H.     Sumber dan Media Pembelajaran
1.   Buku paket kimia
2.   LKS
3.   Bahan dan alat untuk praktek

I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Tekhnik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen












                                                                                          ...................., .........................2010
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ..............................                               Guru Mata Pelajaran,

_____________________                                                ______________________
Lampiran

RUBRIK PENILAIAN
      KETERAMPILAN MENGGUNAKAN ATLAS

No
Nama Peserta didik
Aspek yang dinilai/skor maksimal

Jumlah skor
Mencari nama tempat pada daftar indeks
Mencari halaman
Mencari kolom dan baris
Menunjuk letak tempat
5
5
5
5
20













































 RUBRIK PENILAIAN
MEMPERBESAR DAN MEMPERKECIL PETA

No
Nama Peserta didik
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Grid
Bentuk
Skala
Kerapian
5
5
5
5
20






















0 komentar:

Posting Komentar