RENCANA PELAKSANAA
PEMBELAJARAN
(RPP)
SMA/MA
|
:
|
................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
KIMIA
|
Kelas/Semester
|
:
|
XI / 1 ( Gasal)
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 Jam pelajaran
(1 x pertemuan)/2x45
menit
|
Karakter
|
:
|
Teliti, cermat, peka dan jujur
|
A.
Standar Kompetensi
3. Memahami kesetimbangn
kimia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari dan industri.
B. Kompetensi Dasar
3.1 Mendeskripsikan pengertian laju reaksi dengan
melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
3.2 Memahami teori tumbukan
(tabrakan) untuk menjelaskan faktor-faktor penentu laju dan orde reaksi, dan
terapannya dalam kehidupan sehari-hari.
C.
Indikator
1.
Menghitung konsentrasi larutan (kemolaran larutan)
2.
Menghitung laju reaksi berdasarkan
perubahan konsentrasi pereaksi atau produk.
3.
Menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi (konsentrasi, luas permukaan, suhu, dan katalis)
melalui percobaan.
4.
Menafsirkan grafikdari data percobaan tentang
faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
5.
Menjelaskan pengaruh konsentrasi,
luas permukaan bidang sentuh dan suhu terhadap laju reaksi berdasarkan teori
tumbukan.
6.
Membedakan diagram energi potensial dari
reaksi kimia dengan menggunakan katalis dan yang tidak menggunakan katalis.
7.
Menjelaskan pengertian, peranan katalis dan energi
pengaktifan dengan menggunakan diagram.
8.
Menentukan orde reaksi.
9.
Menjelaskan peranan katalis dalam mahluk hidup dan industri.
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran standar komptensi ini, siswa diharapkan
- Mendefinisikan laju reaksi dan teori tumbukan.
- Menghitung konsentrasi suatu larutan.
- Merancang dan melakukan percobaan tentang faktor-faktor penentu laju reaksi.
- Mendefinisikan katalis dan peranannya.
- Menentukan orde reaksi.
E.
Materi Pembelajaran
1. Definisi laju reaksi dan teori tumbukan
2. Kemolaran larutan
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi laju
reaksi
4. Orde reaksi
5. Pengertian katalis dan peranannya.
F.
Metode
Pembelajaran
1. Diskusi
2. Tanya jawab
3. Praktikum
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode/strategi
|
Waktu
|
Guru/siswa
|
Domain
|
karakter
|
1
|
Pendahuluan
a.Berdoa
b.Mengecek
/kehadiran siswa
c.Guru
menginformasikan KD, indicator dan tujuan pembelajaran.
|
ceramah
|
5 menit
|
Guru
|
Kognitif
Afektif
Kognitif
|
Ketakwaan
Kedisiplinan,
kepedulian
Tanggung jawab
|
2
|
Kegiatan Inti
a.Penjelasan /materi
b.Pemberian contoh
Soal
c.Pemberian tugas
d.Presentasi dari
tugas tersebut
e.Guru memberikan
penguatan tentang materi tersebut
|
Ceramah
Tanya jawab
Penugasan
Diskusi dan Tanya
jawab
Ceramah
|
30 menit
10 menit
15 menit
15 menit
10 menit
|
Guru
Guru
Guru dan siswa
Guru dan siswa
Guru
|
Psikomotor
Psiko/ kognitif
Psiko/ Afektif
Psiko/ Afektif
Kognitif
|
Cermat
Keaktivan
Tanggung jawab
Keaktivan
Cermat dan Tanggung jawab
|
3
|
Penutup dan simpulan
materi
|
Ceramah
|
5 menit
|
Guru
|
Psiko/ Afektif
|
Tanggung jawab
|
Pertemuan
Kedua
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode/ Strategi
|
Waktu
|
Guru / Siswa
|
Domain
|
Karakter
|
1
|
Pendahuluan
a.Berdoa
b.Mengecek
/kehadiran siswa
|
Ceramah
|
5 menit
|
Guru
|
Kognitif
Afektif
|
Ketakwaan
Kedisiplinan,
kepedulian
|
2
|
Kegiatan Inti
a.Pretest
b.Praktikum
c.Asistensi
|
Tanya jawab
Pembimbingan
Tanya jawab dan
Penguasaan praktikum
|
15 menit
45 menit
10 menit
|
Guru dan Siswa
Siswa
Guru dan Siswa
|
Kognitif
Psiko/ Afektif
Psiko/ kognitif
|
Cermat, jujur, teliti
Teliti, tanggung jawab,
kerjasama
|
3
|
Penutup dan Simpulan
|
Ceramah
|
15 menit
|
Guru
|
Kognitif
|
Tanggung jawab
|
G. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku
paket kimia
2. LKS
3. Bahan dan alat untuk praktek
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Tekhnik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|
|
|
|
....................,
.........................2010
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs .............................. Guru Mata
Pelajaran,
_____________________ ______________________
Lampiran
RUBRIK PENILAIAN
KETERAMPILAN
MENGGUNAKAN ATLAS
No
|
Nama
Peserta didik
|
Aspek
yang dinilai/skor maksimal
|
Jumlah
skor
|
|||
Mencari nama tempat pada daftar indeks
|
Mencari
halaman
|
Mencari
kolom dan baris
|
Menunjuk
letak tempat
|
|||
5
|
5
|
5
|
5
|
20
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN
MEMPERBESAR DAN MEMPERKECIL
PETA
No
|
Nama
Peserta didik
|
Aspek
yang dinilai
|
Jumlah
skor
|
|||
Grid
|
Bentuk
|
Skala
|
Kerapian
|
|||
5
|
5
|
5
|
5
|
20
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar