Pages

Sabtu, 22 Juni 2013

RPP kelas XI semester Gasal materi Laju Reaksi




RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJARAN
(RPP)

SMA/MA
:
................................
Mata Pelajaran
:
KIMIA
Kelas/Semester
:
XI / 1 ( Gasal)
Alokasi Waktu
:
2 Jam pelajaran (1 x pertemuan)/2x45  
menit
Karakter
:
Teliti, cermat, peka dan jujur

A.    Standar Kompetensi
3. Memahami kesetimbangn kimia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
B.     Kompetensi Dasar
3.1  Mendeskripsikan pengertian laju reaksi dengan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
3.2 Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan faktor-faktor penentu laju dan orde reaksi, dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari.

C.    Indikator
1.      Menghitung konsentrasi larutan (kemolaran larutan)
2.      Menghitung laju reaksi berdasarkan perubahan konsentrasi pereaksi atau produk.
3.      Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (konsentrasi, luas permukaan, suhu, dan katalis) melalui percobaan.
4.      Menafsirkan grafikdari data percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
5.      Menjelaskan pengaruh konsentrasi, luas permukaan bidang sentuh dan suhu terhadap laju reaksi berdasarkan teori tumbukan.
6.      Membedakan diagram energi potensial dari reaksi kimia dengan menggunakan katalis dan yang tidak menggunakan katalis.
7.      Menjelaskan pengertian, peranan katalis dan energi pengaktifan dengan menggunakan diagram.
8.      Menentukan orde reaksi.
9.      Menjelaskan peranan katalis dalam mahluk hidup dan industri.

D.    Tujuan   Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran standar komptensi ini, siswa diharapkan
  1. Mendefinisikan laju reaksi dan teori tumbukan.
  2. Menghitung konsentrasi suatu larutan.
  3. Merancang dan melakukan percobaan tentang faktor-faktor penentu laju reaksi.
  4. Mendefinisikan katalis dan peranannya.
  5. Menentukan orde reaksi.

E.     Materi Pembelajaran
1.      Definisi laju reaksi dan teori tumbukan
2.      Kemolaran larutan
3.      Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
4.      Orde reaksi
5.      Pengertian katalis dan peranannya.

F.     Metode  Pembelajaran
1.      Diskusi                                                                  
2.      Tanya jawab
3.      Praktikum
G.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No
Kegiatan Pembelajaran
Metode/strategi
Waktu
Guru/siswa
Domain
karakter
1
Pendahuluan
a.Berdoa
b.Mengecek /kehadiran siswa
c.Guru menginformasikan KD, indicator dan tujuan pembelajaran.
ceramah
5 menit
Guru

Kognitif
Afektif

Kognitif

Ketakwaan
Kedisiplinan, kepedulian
Tanggung jawab
2
Kegiatan Inti
a.Penjelasan /materi
b.Pemberian contoh Soal
c.Pemberian tugas

d.Presentasi dari tugas tersebut
e.Guru memberikan penguatan tentang materi tersebut

Ceramah
Tanya jawab

Penugasan

Diskusi dan Tanya jawab

Ceramah



30 menit
10 menit

15 menit

15 menit

10 menit

Guru
Guru

Guru dan siswa
Guru dan siswa
Guru


Psikomotor
Psiko/ kognitif
Psiko/ Afektif
Psiko/ Afektif
Kognitif

Cermat
Keaktivan

Tanggung jawab
Keaktivan

Cermat dan Tanggung jawab
3
Penutup dan simpulan materi
Ceramah
5 menit
Guru
Psiko/ Afektif
Tanggung jawab

Pertemuan Kedua

No
Kegiatan Pembelajaran
Metode/ Strategi
Waktu
Guru / Siswa
Domain
Karakter
1
Pendahuluan
a.Berdoa
b.Mengecek /kehadiran siswa


Ceramah

5 menit

Guru

Kognitif
Afektif


Ketakwaan
Kedisiplinan, kepedulian

2
Kegiatan Inti
a.Pretest

b.Praktikum



c.Asistensi

Tanya jawab

Pembimbingan



Tanya jawab dan Penguasaan praktikum

15 menit

45 menit



10 menit

Guru dan Siswa
Siswa



Guru dan Siswa

Kognitif

Psiko/ Afektif


Psiko/ kognitif

Cermat, jujur, teliti
Teliti, tanggung jawab, kerjasama
3
Penutup dan Simpulan
Ceramah
15 menit
Guru
Kognitif
Tanggung jawab

G.    Sumber dan Media Pembelajaran
1.   Buku paket kimia
2.   LKS
3.   Bahan dan alat untuk praktek

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Tekhnik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen









                                                                                          ...................., .........................2010
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ..............................                               Guru Mata Pelajaran,




_____________________                                                ______________________



Lampiran

RUBRIK PENILAIAN
      KETERAMPILAN MENGGUNAKAN ATLAS

No
Nama Peserta didik
Aspek yang dinilai/skor maksimal

Jumlah skor
Mencari nama tempat pada daftar indeks
Mencari halaman
Mencari kolom dan baris
Menunjuk letak tempat
5
5
5
5
20













































 RUBRIK PENILAIAN
MEMPERBESAR DAN MEMPERKECIL PETA

No
Nama Peserta didik
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Grid
Bentuk
Skala
Kerapian
5
5
5
5
20






















0 komentar:

Posting Komentar