RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KIMIA
SMA KELAS XI SEMESTER II
A. IDENTITAS
Identitas Sekolah : SMA / MA
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI /
II
Materi Pokok : Larutan Penyangga
Alokasi Waktu : 4 x 45 Menit
B. KOMPETENSI
DASAR ( KD ) dan Indikator
1.1
Kompetensi Dasar I
·
Menyadari
adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi,
kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan
pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif
manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2
Indikator I
·
Mengagungkan kebesaran Tuhan YME.
·
Menyadari bahwa ketentuan yang
ditetapkan oleh Tuhan YME adalah yang terbaik bagi kita.
2.1
Kompetensi Dasar II
·
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu
membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif,
inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan
serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2
Indikator II
·
Rasa ingin tahu
·
Jujur dalam menggunakan data
percobaan
·
Teliti dalam mengolah dan
menganalisis data percobaan
·
Ulet dalam mencari berbagai sumber
pengetahuan mengenai penyelesaian masalah dalam larutan penyangga.
3.1
Kompetensi Dasar III
·
Menunjukkan
perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam
memanfaatkan sumber daya alam.
3.2
Indikator
·
Mampu berkoordinasi dengan teman
sekelompok untuk menyelesaikan permasalahan.
·
Peduli terhadap lingkungan dan sumber
daya alam dan mampu menemukan cara penyelesaian masalah yang ada di lingkungan.
4.1
Kompetensi Dasar IV
·
Menunjukkan
perilaku responsive dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan
membuat keputusan.
4.2 Indikator
·
Menimbulkan perasaan peka pada diri
siswa untuk melihat dan memahami masalah yang ada di lingkungan.
·
mampu menyelesaikan permasalahan dan mampu
membuat keputusan tentang langkah apa yang akan diambilnya.
·
Mampu menghitung ph dari larutan
penyangga.
5.1 Kompetensi Dasar V
·
Menganalisis
peran larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.
5.2 Indikator
·
Menafsirkan manfaat dalam mempelajari
larutan penyangga untuk kehidupan sehari-hari.
·
Menganalisis peran larutan penyangga
dalam tubuh makhluk hidup.
·
Menghitung dan menganalisis harga ph
larutan penyangga sehingga bermanfaat bagi tubuh makhluk hidup
6.1 Kompetensi
Dasar VI
·
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan
hasil percobaan untuk menentukan sifat larutan penyangga.
6.2 Indikator
·
Mengolah menganalisis data hasil
percobaan / informasi untuk menentukan sifat larutan penyangga.
·
Menganalisis data hasil percobaan /
informasi untuk menentukan sifat larutan penyangga.
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan mengamati percobaan, maka
secara mandiri siswa mampu memahami larutan penyangga untuk kehidupan
sehari-hari.
2.
Dengan mengamati percobaan, maka
secara mandiri siswa dapat membedakan larutan penyangga dan bukan larutan
penyangga.
3.
Dengan mengamati percobaan, maka
secara mandiri siswa dapat menjelaskan konsep dan cara kerja larutan penyangga.
4.
Diberikan data percobaan, maka secara
mandiri siswa mampu membuktikan sifat-sifat dalam larutan penyangga secara
jujur dan teliti.
5.
Melalui latihan siswa dapat
menghitung ph dan pOH larutan penyangga berdasarkan sistem kesetimbangan.
6.
Melalui diskusi siswa dapat
mengetahui peran dan manfaat larutan penyangga bagi tubuh makhluk hidup dalam
kehidupan sehari-hari.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Sifat larutan penyangga
2.
Komponen dan cara kerja larutan
penyangga
3.
Menghitung ph larutan penyangga
4.
Fungsi larutan penyangga.
E.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Model :
Strategi : Kolaboratif
dan Kooperatif
Metode : demonstrasi, diskusi, latihan, penugasan, dan
ujian
F.
Media dan Sumber Belajar
1.
LCD projector
2.
Internet
3.
Video
4.
Lembar Kerja Siswa ( LKS )
5.
Buku Kimia kelas XI
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama : (2 jam pelajaran)
Materi
ajar : Larutan Penyangga
Kegiatan Guru/siswa
|
Alokasi Waktu
|
KEGIATAN AWAL
·
Salam pembuka
·
Memeriksa kehadiran siswa
·
Menanyakan kabar siswa
|
5 menit
|
KEGIATAN INTI
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, siswa:
·
Memahami teori larutan penyangga
·
Memahami Sifat-sifat Larutan
Penyangga
·
Menghitung pH larutan penyangga
dan terapannya dalam kehidupan
sehari-hari ( penampilan media pembelajaran / video )
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaboorasi,siswa:
·
Melakukan diskusi dan demonstrasi kelas untuk memahami komponen dan
cara kerja larutan penyangga serta fungsi dari larutan penyangga.
(nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
|
45 menit
35 menit
|
KEGIATAN AKHIR
·
Menyimpulkan teori larutan penyangga. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan.);
·
Memberi PR, yaitu Latihan 3.2 dari buku paket. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 3.5) (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
·
Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
|
5 menit
|
Pertemuan
Kedua : (2 jam pelajaran)
Materi
Ajar : Ulangan harian
Kegiatan Guru/Siswa
|
Alokasi Waktu
|
KEGIATAN AWAL
·
Salam pembuka
·
Memeriksa kehadiran siswa.
·
Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
|
5 menit
|
KEGIATAN INTI
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru dan siswa:
·
Membahas latihan (30 menit) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Ulangan harian tentang larutan penyangga (50 menit)
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
|
80 menit
|
KEGIATAN AKHIR
·
Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya, (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Salam penutup. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.)
|
5 menit
|
Penilaian:
PPK, Praktik, Responsi
0 komentar:
Posting Komentar