Pages

Rabu, 20 November 2013

ICT Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KIMIA SMA KELAS XI SEMESTER II

A.    IDENTITAS
Identitas Sekolah : SMA / MA
Mata Pelajaran     : Kimia
Kelas / Semester   : XI  / II
Materi Pokok       : Larutan Penyangga
Alokasi Waktu     : 4 x 45 Menit

B.     KOMPETENSI DASAR ( KD ) dan Indikator
1.1   Kompetensi Dasar I
·         Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2  Indikator I
·         Mengagungkan kebesaran Tuhan YME.
·         Menyadari bahwa ketentuan yang ditetapkan oleh Tuhan YME adalah yang terbaik bagi kita.
2.1 Kompetensi Dasar II
·         Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2 Indikator II
·         Rasa ingin tahu
·         Jujur dalam menggunakan data percobaan
·         Teliti dalam mengolah dan menganalisis data percobaan
·         Ulet dalam mencari berbagai sumber pengetahuan mengenai penyelesaian masalah dalam larutan penyangga.
3.1 Kompetensi Dasar III
·         Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
3.2 Indikator
·         Mampu berkoordinasi dengan teman sekelompok untuk menyelesaikan permasalahan.
·         Peduli terhadap lingkungan dan sumber daya alam dan mampu menemukan cara penyelesaian masalah yang ada di lingkungan.
4.1 Kompetensi Dasar IV
·         Menunjukkan perilaku responsive dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
4.2 Indikator
·         Menimbulkan perasaan peka pada diri siswa untuk melihat dan memahami masalah yang ada di lingkungan.
·          mampu menyelesaikan permasalahan dan mampu membuat keputusan tentang langkah apa yang akan diambilnya.
·         Mampu menghitung ph dari larutan penyangga.
5.1 Kompetensi Dasar V
·         Menganalisis peran larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.
5.2 Indikator
·         Menafsirkan manfaat dalam mempelajari larutan penyangga untuk kehidupan sehari-hari.
·         Menganalisis peran larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.
·         Menghitung dan menganalisis harga ph larutan penyangga sehingga bermanfaat bagi tubuh makhluk hidup
6.1  Kompetensi Dasar VI
·         Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk menentukan sifat larutan penyangga.
6.2  Indikator
·         Mengolah menganalisis data hasil percobaan / informasi untuk menentukan sifat larutan penyangga.
·         Menganalisis data hasil percobaan / informasi untuk menentukan sifat larutan penyangga.

C.     Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan mengamati percobaan, maka secara mandiri siswa mampu memahami larutan penyangga untuk kehidupan sehari-hari.
2.      Dengan mengamati percobaan, maka secara mandiri siswa dapat membedakan larutan penyangga dan bukan larutan penyangga.
3.      Dengan mengamati percobaan, maka secara mandiri siswa dapat menjelaskan konsep dan cara kerja larutan penyangga.
4.      Diberikan data percobaan, maka secara mandiri siswa mampu membuktikan sifat-sifat dalam larutan penyangga secara jujur dan teliti.
5.      Melalui latihan siswa dapat menghitung ph dan pOH larutan penyangga berdasarkan sistem kesetimbangan.
6.      Melalui diskusi siswa dapat mengetahui peran dan manfaat larutan penyangga bagi tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari.
D.    Materi Pembelajaran
1.      Sifat larutan penyangga
2.      Komponen dan cara kerja larutan penyangga
3.      Menghitung ph larutan penyangga
4.      Fungsi larutan penyangga.
E.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan          : Scientific
Model                   :
Strategi                 : Kolaboratif dan Kooperatif
Metode                 : demonstrasi, diskusi, latihan, penugasan, dan ujian
F.      Media dan Sumber Belajar
1.      LCD projector
2.      Internet
3.      Video
4.      Lembar Kerja Siswa ( LKS )
5.      Buku Kimia kelas XI
G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama     : (2 jam pelajaran)
Materi ajar                   : Larutan Penyangga

Kegiatan Guru/siswa
Alokasi Waktu
KEGIATAN AWAL
·         Salam pembuka
·         Memeriksa kehadiran siswa
·         Menanyakan kabar siswa
5 menit
KEGIATAN INTI
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, siswa:
·         Memahami teori larutan penyangga
·         Memahami Sifat-sifat Larutan Penyangga
·         Menghitung pH larutan penyangga dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari ( penampilan media pembelajaran / video )
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaboorasi,siswa:
·         Melakukan diskusi dan demonstrasi kelas untuk memahami komponen dan cara kerja larutan penyangga serta fungsi dari larutan penyangga.
 (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
45 menit















35 menit
KEGIATAN AKHIR
·         Menyimpulkan teori larutan penyangga. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Memberi PR, yaitu Latihan 3.2 dari buku paket. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 3.5) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
·         Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
5 menit

Pertemuan Kedua       : (2 jam pelajaran)
Materi Ajar                  : Ulangan harian
Kegiatan Guru/Siswa
Alokasi Waktu
KEGIATAN AWAL
·         Salam pembuka
·         Memeriksa kehadiran siswa.
·         Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
5 menit
KEGIATAN INTI
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru dan siswa:
·         Membahas latihan (30 menit) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Ulangan harian tentang larutan penyangga  (50 menit) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
80 menit
KEGIATAN AKHIR
·         Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya, (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Salam penutup. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
5 menit

Penilaian: PPK, Praktik, Responsi




0 komentar:

Posting Komentar