Larutan
Penyangga ( Buffer )
Silabus kimia SMA kelas XI Larutan Penyangga
1. Kompetensi
Dasar
1.1
Menyadari
adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan
kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan
tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia
yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu
membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif,
inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan
serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
1.3 Menunjukkanperilaku kerjasama, santun,
toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam
memanfaatkan sumber daya alam.
1.4
Menunjukkan
perilaku responsifdan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan
memecahkan masalah dan membuat keputusan
1.5 Menganalisis peran larutan penyangga dalam tubuh makhluk
hidup.
1.6
Merancang,
melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk menentukan
sifat larutan penyangga.
2. Materi
Pokok
2.1 Sifat larutan penyangga.
2.2 pH larutan penyangga.
2.3 Peranan larutan penyangga dalam tubuh
makhluk hidup.
3. Pembelajaran
3.1 Mengamati (Observing)
Mencari informasi dari berbagai sumber tentang larutan penyangga, sifat dan pH larutan
penyangga serta peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup
Mencari informasi tentang
darah yang berhubungan dengan kemampuannya dalam mempertahankan pH terhadap
penambahan asam atau basa dan pengenceran
3.2 Menanya (Questioning)
Mengajukan pertanyaan
bagaimana terbentuknya larutan penyangga
Mengapa larutan
penyangga pHnya relatif tidak berubah dengan penambahan sedikit asam atau basa
Apa
manfaat larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup
3.3 Mengumpulkan data (Eksperimenting)
Menganalisis
terbentuknya larutan penyangga
Menganalisis
sifat larutan penyangga
Merancang
percobaan untuk
mengetahui larutan yang bersifat penyangga atau larutan yang bukan penyangga
dengan menggunakan indikator universal atau pH meter serta mempresentasikan hasil racangan untuk menyamakan persepsi
Merancang
percobaan untuk
mengetahui sifat larutan penyangga atau larutan
yang bukan penyangga dengan penambahan
sedikit asam atau basa atau bila diencerkan serta mem-presentasikan hasil rancangan untuk menyamakan persepsi
Melakukan percobaan
Mengamati
dan mencatat data
hasil pengamatan
3.4 Mengasosiasi (Associating)
Mengolah
dan menganalisis data untuk menyimpulkan
larutan yang bersifat
penyangga
Menentukan
pH larutan penyangga melalui perhitungan
Menentukan
grafik hubungan perubahan
harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan sifat larutan penyangga
3.5 Mengkomunikasikan
(Communicating)
Membuat laporan percobaan identifikasi garam dan
mempresentasikannya dengan mengguna-kan tata bahasa yang benar
Mengkomunikasikan sifat larutan penyangga dan manfaat larutan
penyangga dalam tubuh makhluk hidup.
6 Penilaian
4.1
Tugas
Merancang
percobaan larutan penyangga
4.2
Observasi
Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi,
misalnya: cara menggunakan kertas lakmus, indikator universal atau pH meter; melihat skala volume dan suhu, cara menggunakan
pipet, cara menim-bang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)
4.3 Portofolio
Laporan percobaan
4.4 Tes tertulis uraian
Menganalisis data untuk menyimpulkan
larutan yang bersifat
penyangga
Menghitung
pH larutan penyangga
Menganalisis grafik hubungan perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan sifat larutan penyangga
5.
Alokasi Waktu
3 minggu / 4 jam pelajaran
6. Sumber Belajar
6.1
Buku kimia kelas XI
6.2
Lembar kerja
6.3
Berbagai sumber lainnya
0 komentar:
Posting Komentar