Pages

Rabu, 13 November 2013

ICT Ph Larutan Penyangga



Larutan Penyangga ( Buffer )

Silabus kimia SMA kelas XI Larutan Penyangga
1.      Kompetensi Dasar
1.1  Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
1.3  Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
1.4  Menunjukkan perilaku responsifdan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
1.5  Menganalisis peran larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.
1.6  Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk menentukan sifat larutan penyangga.

2.      Materi Pokok
2.1  Sifat larutan penyangga.
2.2  pH larutan penyangga.
2.3  Peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.

3.      Pembelajaran
3.1 Mengamati (Observing) 
Mencari informasi dari berbagai sumber  tentang  larutan penyangga, sifat dan pH larutan penyangga serta peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup
Mencari informasi tentang darah yang berhubungan dengan kemampuannya dalam mempertahankan pH terhadap penambahan asam atau basa dan pengenceran
3.2 Menanya (Questioning)
Mengajukan pertanyaan bagaimana terbentuknya larutan penyangga
Mengapa larutan penyangga pHnya relatif tidak berubah dengan penambahan sedikit asam atau basa
Apa manfaat larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup
3.3 Mengumpulkan data (Eksperimenting)
Menganalisis terbentuknya larutan penyangga
Menganalisis sifat larutan penyangga
Merancang percobaan untuk mengetahui larutan yang bersifat penyangga atau larutan yang bukan penyangga dengan menggunakan indikator universal atau pH meter serta mempresentasikan hasil racangan untuk menyamakan persepsi
Merancang percobaan untuk mengetahui sifat larutan penyangga atau larutan yang bukan penyangga dengan penambahan sedikit asam atau basa atau bila diencerkan serta mem-presentasikan hasil rancangan untuk menyamakan persepsi
Melakukan percobaan
Mengamati dan mencatat data hasil pengamatan
3.4 Mengasosiasi (Associating)
Mengolah dan menganalisis data untuk menyimpulkan larutan yang bersifat penyangga
Menentukan pH larutan penyangga melalui perhitungan
Menentukan grafik hubungan perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan sifat larutan penyangga
3.5 Mengkomunikasikan (Communicating)
Membuat laporan percobaan identifikasi garam dan mempresentasikannya dengan mengguna-kan tata bahasa yang benar
Mengkomunikasikan sifat larutan penyangga dan manfaat larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.
 6 Penilaian
4.1   Tugas
Merancang percobaan larutan penyangga
4.2   Observasi
Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi, misalnya: cara menggunakan kertas lakmus,  indikator universal atau pH meter; melihat  skala volume dan suhu, cara  menggunakan pipet, cara menim-bang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)
4.3 Portofolio
Laporan percobaan
4.4 Tes tertulis uraian
Menganalisis data untuk menyimpulkan larutan yang bersifat penyangga
Menghitung pH larutan penyangga
Menganalisis grafik hubungan perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan sifat larutan penyangga

5.         Alokasi Waktu
  3 minggu / 4 jam pelajaran

6. Sumber Belajar
6.1        Buku kimia kelas XI
6.2        Lembar kerja
6.3        Berbagai sumber lainnya





0 komentar:

Posting Komentar